Cara Merawat Jilbab Bergo


Ditanya soal perawatan jilbab ternyata masih banyak loh yang tidak peduli terhadap jilbab-jilbabnya. Buat sebagian orang paling males mencari tahu tentang merawat jilbab mereka. Nahh...sekarang saya mau membahas tentang Tips merawat jilbab Bergo atau yang sering orang sebut Jilbab Langsung.

Bergo sendiri sebutan untuk jilbab Instant yang bisa langsung dipakai tanpa harus memakai peniti atau jarum pentul lagi. Dan sekarang Bergo tidak cuma yang memiliki pet (lapisan busa dibagian keing) saja, tetapi ada juga Bergo yang seperti Pashmina (tanpa pet). Kepraktisan Bergo masih disukai oleh kaum Muslimah, sekalipun saat ini sedang trend gaya Hijab yang sangat bervariasi.

Segala sesuatu kalo tidak dirawat atau salah perawatannya pasti akan merusak barang tersebut. Begitu juga halnya dengan Bergo. Kalau tidak tahu cara merawatnya, keindahan Bergo akan rusak. Berikut saya akan memberikan Tips yang juga pernah saya baca dari beberapa artikel dan saya praktekan, cara merawat jilbab Bergo sesuai dengan jenis bahannya :

  • Bahan PE/TC : Bahan ini memiliki sifat menyerap keringat, tebal, dan bervolume berat, dan dalam jangka waktu lama bahannya akan berbulu. Bergo dengan bahan ini sangat cocok untuk aktifitas luar ruang. Untuk mencuci cukup direndam dengan diterjen secukupnya, dikucek secara perlahan-lahan, tidak perlu diperas pada saat proses pembilasan, baiknya langsung dijemur dalam keadaan dibalik (agar terhindar dari sinar matahari), dan saat proses setrika pastikan temperaturnya pada posisi sedang (tidak terlalu panas).
  • Bahan Higet : Bahan ini mengandung polyester sehingga terkesan mengkilat, sangat ringan dipakainya dan cocok untuk berbagai acara non formal dan semi formal. Untuk perawatannya, pada saat mencuci bisa direndam dengan deterjen, dikucek secara perlahan, tidak diperas dan langsung dijemur menggunakan hanger (gantungan baju). Bergo dengan bahan ini TIDAK perlu di setrika, karena akan menimbulkan efek mengkilat yang tidak rata pada bergo, cukup dilipat saja (kecuali bagian pet).
  • Bahan Spandex : Bahan ini memiliki sifat kelembutan dan dingin di kulit, sifat lainnya mirip dengan bahan Higet, sehingga untuk perawatannya sama. Tetapi yang membedakannya, bahan ini TIDAK dapat dicuci menggunakan mesin cuci, karena akan membuat serat pada bahan ini rusak dan pecah.
  • Bahan Kaos : Bahan ini sangat nyaman untuk sehari-hari, karena memiliki sifat menyerap keringat, berbahan tebal, dan cukup berat. Perawatannya paling mudah, cukup direndam, kucek perlahan, boleh diperas tapi tidak keras, dan JANGAN langsung dijemur, karena akan membuat bahan ini cepat melar. Pastikan menjemur dalam keadaan dibalik, dan setelah kering boleh disetrika dengan suhu sedang, dilipat tapi pastikan pet tidak ikut terlipat.
  • Bahan Rajut : Bahan ini sama dengan bahan Kaos, tetapi JANGAN dicuci dengan mesin cuci karena serat dalam kainnya akan rusak. Cukup remas-remas saja, tidak dikucek, jemur dalam keadaan dibalik, dan setelah kering dapat disetrika dengan suhu dingin atau kecil.

Demikian tips perawatan Jilbab Bergo...Semoga dapat bermanfaat 

-SALAM-

1 komentar:

  1. Wah begitu ya sist caranya merawat mukena, ternyata gak ribet ya..Padahal aq dulu agak risih kalo pake mukena, tapi setelah pake mukena dari Produsen Mukena Katun Jepang Murah aq jadi semakin suka pakai mukena..

    BalasHapus